Rabu, 28 November 2012

Tips Cara Mengatasi Pendarahan / Mimisan

Diposting oleh Rahmah Fajriyah SA di 19.59

Pendarahan pada hidung memang sangat mengahawatirkan setiap para orang tua, apalagi jika anak tersebut masih kanak-kanak , pastinya orang tua mengambil tindakan yaang bisa menghentikan pendarahan pada hidung anak . Pendarahan pada hidung atau mimisan, bisa kita atasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1.         Mintalah anak yang sudah sudah besar untuk menghembuskan hidungnya agar kebekuan darah yang     didalam bisa keluar dari hidung. Sedangkan jika anak masih balita / yang lebih kecil cukup dengan membersihkan bekuan darahnya.
  2.        Tekanlah rapat kedua cuping hidung anak selama 5 menit dan meminta anak untuk bernafas melalui      mulutnya. Setelah 5 menit, lepaskan tekanan tersebut.
  3.         Apabila darah masih keluar, maka anda dapat mengulangin lagi dengan cara menekan selama 10-15 menit. Apabila setelah 15 menit darah masih keluar maka cepatlah cari penyumbat lubang hidung (kain kasa, kapas, saputangan bersih), dan letakkan penyumbat sedemikian rupa sehingga bisa menekan selaput lendir sekat rongga hidung.
  4.        Selama hidung ditekan dudukkanlah anak dalam posisi bersandar dengan kepala sedikit menunduk untuk mencegah mengalirnya darah ke bagian belakang dan mencegah timbulnya rangsangan batuk atau tertelanya darah yang beku bisa anak membuat muntah.
  5.            Mengompres batang hidung anak dengan es, karena es bisa dapat menciutkan pembuluhan darah.
  6.      Mungkin para orang tua bisa menggunakan cara tradisional yang dapat menghentikan pendarahan dengan cara memasukkan pucuk daun sirih yang sudah dibersihkan ke dalam lubang hidung karena daun sirih mengandung astringen (zat pengerut jaringan).
  7.         Untuk mencegah pendarahan timbul kembali, gunakanlah salep berminyak untuk melembabkan sekat rongga hidung yang kering dan berkerak.
  8.           Dan yang terakhir dan yang terpenting adalah selalu ingatkan pada anak untuk tidak mengorek lubang hidungnya, kalau tindakan awal mengatasi pendarahan tidak berhasil, makan segeralah orang tua melarikan anaknya ke dokter. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmah Fajriyah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea