Rabu, 28 November 2012

Nervous didepan umum? Tidak akan Lagi !

Diposting oleh Rahmah Fajriyah SA di 20.05

 Yang mengucur secara berlebihan yang datangnya tiba-tiba, bukan karna kepanasan atau sedang sakit panas, bibir kering, suara tersedat-sedat, badan bergoyang-goyang karna gemeteran, dan tangan terasa dingin sekali, itu dialami setiap banyak orang. Karna terpaksa untuk tampil didepan umum yang banyak orang. Hal tersubut tak perlu terjadi jika kita mengendalikan diri  dengan rasa takut kita.

                Sebenarnya rasa gugup/nervous sering terjadi didalam kita akan memengaruhi pandangan kita terhadap kondisi eksternal. Saat didepan umum, sering kita memasang pikiran bahwa kita akan berpenampilan buruk, orang lain tak suka, dan berbagai pikiran yang lainnya. Dan akhirnya pikiran ini membuat kita tidak konsentrasi sema sekali. Banyak sekali cara yang bisa kita asah dengan membuat percaya diri kita meningkat, terutama dengan latihan manidiri. Dengan latihan inilah kita bisa dengan melakukan latihan secara teratur. Dengan cara mempersiapkan didepan umum antara lain dengan “Persiapan”, ”Penampilan”, ”Ritual Menenangkan Diri”.

                Persiapan, apa yang dimaksud dengan persiapan, pesiapan materi yang akan disampaikan harus benar-benar dikuasi dengan tambhan berbagai referensi secara tertulis alur pembicaraan yang akan disampaikan. Kemudian banyaklah berlatih berbicara didepan cermin atau orang. Bila perlu, wajibkan mereka mengkritis apa yang kita sampaikan agar kita siap menghadapi guncangan didepan audiens.

                Penampilan, jangan sampai penampilan kita asal-asalan dengan kita berbusana yang tidak indah sedap dimata, tampilan kita harus profesional. Dengan begitulah, saat berada dihadapan audiens, kita bisa fokus dan tidak terganggu dengan pikiran kacau tentang penampilan kita.

                Ritual menenangkan diri, kita bisa lakukan sesuatu yang khusus terlebih dahulu, seperti berdo’a atau aktivitas lainnya.

                Dan yang terakhir adalah menguasi audiens dengan cara inilah kita bisa lebih akrab untuk saling bertanya jawab, dengan ini juga kita bisa belajar seperti berbicara dengan teman sebaya. Setelah anda membacanya dan mempraktekannya dengan langkah-langkah ini, anda sudah beranikah tampil dihadapan publik, kan?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmah Fajriyah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea