Rabu, 28 November 2012

Tiga Perilaku Anak

Diposting oleh Rahmah Fajriyah SA di 20.03

Di awal usia anak-anak mulai mengembangkan pemahaman tentang hubungan dengan suatu benda, tingkah laku dan emosional. Meningkatnyan kemampuan fisik mendorong meningkatnya mobilitas anak, sehingga si anak tak bisa diam. Namun, disamping pertumbuhan anak sendiri, pola asuh sang orang tua juga sangat berpengaruh terhadap perilaku mereka. Dalam perkembangannya, ada tiga perilaku lingkungan yang bisa mempengaruhi perilaku     anak, yaitu dengan :

 “Proses pemberian ‘hadiah’ dan ‘hukuman’”, “Belajar dari lingkungannya”, dan yang terakhir dengan “Proses Identifikasi”. Proses pemberian ‘hadiah’ dan ‘hukuman’ dengan diberikan hadiah karena atas tindakkannya yang sangat baik perilakunya atau sebaliknya jika anak diberi hukuman karna tidak baik perilakunyan di lingkungannya, anak bisa berpeluang untuk mempelajari harapan lingkungannya. Akibatnya, anak bisa belajar untuk mengontrol setiap tindakkannya.

Belajar dari lingkungannya Anak secara cepat bisa mengikutin perilaku atau meniru oarang lain di lingkungan tempat ia tinggal, terutama pada orang tuanya dan teman bermain/ sebayanya. Misalnya saja, anak bisa meniru cara berbicara yang tidak baik, atau meniru gaya penyanyi/penari yang ia sering melihatnya ditelevisi.

Proses identifikasi proses ini adalah melibatkan ikatan emosi antara anak dengan model yang ditirunya. Anak berusdaha mengikuti tindakan model sedemikian rupa, sehingga ia merasa bahwa tindakan, sikap, perasaan bahkan jalan pikirannya sangat mirip sang model.

Nah ! sekarang betapa pentingnya setiap tindakkan anak kita sangat berpengaruh terhadap lingkungan dalam kehidupan anak. Dan orang tua lah sang pemeran utamanya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmah Fajriyah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea