Rabu, 28 November 2012

Kenali Setres Dan Jenisnya

Diposting oleh Rahmah Fajriyah SA di 20.04

Setres disebabkan dengan keadaan internal dari diri sediri, yang dikarnakan adanya tuntutan fisik, lingkungan/situasi sosial. Seringkali setres yang kita alami adalah setres sifat individual, yang tidak terkontrol, merusak fisiologis dan fisik. Hal ini terjadi karena ketidak seimbangan anatara daya tahan mental, indivisual sendiri dan beban yang dirasakan.

Ada 2 jenis setres yang sering kita alami yaitu “Austress dan Distress”. Austress (setres positif) hasil dari respon setres yang bersifat sehat, positif membangun, kemampuan adaptasinya tinggi, contoh : ketika menghadapi ujian. Sedangkan, Distress (setres negatif) hasil dari respon setres yang bersifat buruk, karena tidak percaya diri, malas dan tidak mempunyai semangat hidup yang sedang dijalani.

Akibat setres emosi mudah cemas, bingung, marah, sensitif, cepat lupa, komunikasi kurang efektif, menarik diri, terkucilkan, bosan, tidak puas bekerja, lelah mental, kurang konsentrasi, kreativitas, sertanya turun percaya diri. Sementara efek bagi tubuh adalah hormon setres, luka, kelelahan fisik, gangguan pernafasan , kulit, diare, migran, sakit punggung, otot tegang, insomnia, serta rusak fungsi imun tubuh.

Ada dua hal yang yang mempengaruhi emosi. Yaitu, pikiran alam sadar dan bawah sadar. Kenyataannya 88% penggerak kita adalah alam bawah sadar. Dia selalu sesuatu yang bodoh tapi kuat mempengaruhi kita. Ada sedikit formula bebas setres adalah biasakan bersyukur dan enjoy your stress! Yuk sekarang hidup sehat tanpa penyakit yang bernama “STRESS”!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmah Fajriyah Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea